SAYURAN YANG DAPAT DIMANFAATKAN UNTUK MEMBUAT MINUMAN SEGAR

Siapa sangka jika sayuran juga dapat dimanfaatkan untuk dibuat jus. Jus dari buah memang sudah biasa, selama ini kita sering membuat jus dari buah-buahan saja. Banyak jenis sayuran yang dapat dimanfaatkan untuk dibuat jus. Jus sayuran ini dapat anda manfaatkan untuk memulai gaya hidup sehat. Sayuran memiliki kandungan kaya akan vitamin, mineral, serat, senyawa tumbuhan, serta molekul antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan yang tinggi sangat berperan penting dalam tubuh karena dapat menangkal radikal bebas. Mengkonsumsi sayuran akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, seperti baik untuk pencernaan, menyehatkan kulit. Selain itu kandungan zat tinggi pada sayuran juga dapat mengendalikan berat badan. Jika anda tidak suka mengkonsumsi sayuran anda bisa mengolah sayuran tersebut dengan membuat jus. Minum jus sayuran ternyata dapat mudah dicerna oleh tubuh. Beragam jus sayuran lebih mudah dan cepat diserap gizi nya, karena usus tidak perlu mengolahnya lagi. Hal ini karena jus memiliki sifat yang halus dan cairan yang mudah diserap. Kandungan vitamin dalam jus pada sayuran juga lebih banyak daripada sayuran yang dimasak.

Manfaat Jus Sayuran Bagi Kesehatan Tubuh

  • Menurunkan Berat Badan

Memperbanyak konsumsi sayur merupakan cara yang efektif dalam menurunkan berat badan. Selain itu, diimbangi dengan berolahraga.

  • Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Sayuran dapat membantu mengeluarkan kotoran dan racun hal ini karena mudah dicerna, adapun untuk kesehatan rambut ini sayuran sebagai multivitamin sehingga dapat menyehatkan kulit.

  • Menyehatkan Jantung

Sayuran memiliki Kandungan gizi dan mineral yang aman bagi jantung

Beragam Jus Sayuran Yang Bisa Anda Coba

  • Seledri

Seledri memiliki beragam kandungan di dalamnya, seperti vitamin molekul antioksidan, vitamin A, K, C dan asam ferulat. Saat membuat olahan jus seledri anda bisa menambahkan buah atau sayur seperti lemon dan sayuran lainnya.

  • Tomat

Kandungan dalam buah tomat yaitu likopen, senyawa yang dapat menurunkan resiko kanker dan serangan jantung. Jika anda membuat jus ini, anda dapat menambahkan seledri parsley. Saat membuat jus tomat anda bisa mencampur dengan apel dan jeruk.

  • Mentimun

Mentimun memiliki kandungan rendah kalori, dan beragam mineral vitamin seperti, vitamin K, vitamin mangan dan kalium. Jus mentimun ini kandungan airnya dapat membantu keseimbangan cairan dalam tubuh.

  • Brokoli

Brokoli memiliki kandungan kaempferol, vitamin A, B6, C, serta kalium. Jus brokoli ini dapat menangkal radikal bebas dan melawan kanker.

  • Wortel

Wortel memiliki kandungan senyawa karotenoid, yang memiliki antioksidan melawan kerusakan sel. Senyawa karotenoid termasuk beta karoten, likopen alfa karoten, dan lutein. Saat anda membuat jus wortel ini anda dapat menambahkan jeruk, jahe, atau lemon.

  • Kubis

Kubis ini dapat anda manfaatkan dengan membuat jus. Kandungan yang baik beraneka vitamin, yaitu vitamin C, K, B6, dan B9. Sayuran kubis ini dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

  • Bayam

Bayam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi seperti quercetin, kaempferol, dan lutein. Sayur bayam juga memiliki nutrisi vitamin A dan C. kandungan bayam ini membantu mencegah radikal bebas.

  • Kale

Kale ini mengandung beragam vitamin serat antioksidan, seperti vitamin A, C, K, dan beta karoten. Jus kale dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

Nah, itulah beberapa sayuran yang dapat anda olah jus untuk kesehatan tubuh anda. Selamat mencoba!